Dihimbau Tak Pakai Masker Scuba atau Buff, Kemenkes Rekomendasikan 3 Masker Ini

Posted on

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lewat Direktur Jenderal Penjagaan serta Pengaturan Penyakit, Achmad Yurianto, menyarankan warga untuk menggunakan masker yang baik serta bahan yang betul. Masyakarat diharap tinggalkan mode masker scuba serta buff. 

Dia menerangkan ada 3 tipe masker yang direferensikan, yaitu masker N95, masker bedah, serta masker kain. “Masker kain yang banyak digunakan warga jangan asal-asalan dengan kain tipis seperti masker scuba serta buff. Pemakaian masker kain minimal dua lapis,” tutur Yuri seperti diambil dari situs sah Kemkes.go.id, Selasa, 22 September 2020.

Masker kain bisa dipakai semasa optimal tiga jam, kemudian tukar dengan masker yang bersih. “Tidak ada masker buff atau masker scuba, sebab demikian masker itu ditarik pori-porinya akan terbuka lebar. Masker itu tidak penuhi ketentuan,” katanya.

Tingkat efek penyebaran Covid-19, kata Yuri, akan makin turun jika seorang menggunakan masker. Dia juga membaginya ke empat tingkatan.

Pertama, jika seorang yang bawa virus tidak memakai masker serta berkontak dekat sama orang rawan karena itu peluang penyebaran capai 100 %.

Ke-2, orang yang sakit gunakan masker, sesaat barisan rawan Covid-19 tidak menggunakan masker karena itu kekuatan penyebaran capai 70 %. Ke-3, orang sakit gunakan masker, sesaat orang sehat tidak gunakan masker karena itu tingkat penyebarannya cuma 5 %. Ke-4, bila kedua-duanya gunakan masker, karena itu kekuatan penyebaran cuma 1,5 %.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *